Masalah kabel FO Semrawut

Pasti kalian sudah tidak asing dengan kabel fiber optik, yap betul kabel fiber optic untuk internet. Sekitar rumah saya dan pernah saya lewati, jaringan internet terutama jalur fiber optic semakin banyak, karena pada masa pandemi corona koneksi rumah makin besar. Selain itu ISP dan pengusaha RTRWNET juga melakukan perluasan jaringan kemana-mana. Kondisi seperti ini menjadi hal yang umum dimana saja, pertambahan pelanggan dan jaringan baru ke pelanggan jadi semakin banyak.

Ini seharusnya berdampak positif karena akses jaringan semakin luas dan merata tentunya koneksi semakin cepat. Disisi yang lain, yang bisa dilihat adalah jaringan tidak tertata dengan baik, dengan penambahan jaringan baru otoamtis menambah kabel FO baru ke arah rumah pelanggan. Semakin lama semakin banyak, disamping itu juga terlihat kabel lama yang rusak atau tidak digunakan juga ada yang dibiarkan saja tidak terpantau dengan baik.



Disamping kabel FO ada juga kabel tanam di tanah, biasanya kabel ini relatif aman namun biasanya juga kabel ini digunakan sebagai backbone saja. Disamping kabel udara FO dan kabel tanam ada juga menggunakan wireless tetapi ada rintangan tersendiri mulai dari regulasi frekuensi yang di perbolehkan ada juga yang tidak diperbolehkan, biasanya frekuensi yang diperbolahkan sudah banyak yang digunakan dan pada akhirnya beralih ke kabel yang lebih stabil.

Kabel FO yang terlihat di sekitar rumah saya, salah satunya di jalan raya utama ini, tiang ISP terlihat rapat. Di sekitaran rumah saya sebenarnya masih tampak sedikit rapi, namun ditempat tempat lain ada banyak titik yang terlihat kabel semrawut. paling sedikit ada 2-3 tiang ISP yang bersampingan atau nebeng di tiang ISP di sepanjang jalan raya utama. Tiang ini berasal dari berbagai ISP yang berbeda-beda.



Penyebab kabel jaringan fiber optic semrawut dan nebeng kemungkinan karena peraturan dari pemerintah masih simpang siur, setahu saya yang nebeng kabel fiber optic di tiang Telkom atau PLN akan diputus paksa oleh Telkom dan PLN, sedangkan untuk kabel optic semrawut yang di pinggir jalan saya belum tahu ada kebijakan dari pemerintah, saya harap 1 tiang bisa nampung beberapa penyedia jasa telekomunikasi biar terlihat tertata dan rapi.